Kondisi warung Bang Gentong yang terbakar sesaat sebelum api bisa dipadamkan (Foto : Istimewa)
Kondisi warung Bang Gentong yang terbakar sesaat sebelum api bisa dipadamkan (Foto : Istimewa)

Pengguna jalan serta warga setempat yang tinggal di kawasan Jalan Raya Sunan Kalijaga, Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang dibuat panik, Selasa (25/2/2020) dini hari.

Bagaimana tidak, saat asik menyantap hidangan masakan, pengunjung warung Bang Gentong tiba-tiba lari berhamburan lantaran terjadi kebakaran. ”Informasinya kebakaran terjadi karena adanya gas elpiji yang bocor, sebab sesaat sebelum kebakaran sempat terdengar suara ledakan,” kata Mossa, salah satu saksi mata yang tinggal di sekitar lokasi kejadian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, insiden kebakaran ini terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Sesaat sebelum kejadian berlangsung, warung yang buka selama 24 jam ini sedang ramai dikunjungi pelanggannya.

Tidak lama setelah menyajikan beberapa menu yang dipesan oleh pengunjung, dari arah dapur terdengar suara ledakan. Disaat bersamaan, semburan api yang diduga dari gas elpiji yang bocor tersebut, menyambar ke beberapa sudut dapur.

”Semula apinya kecil, tapi karena warung dan perabotannya terbuat dari kayu dan bambu api menjadi cepat menjalar dan kebakaran semakin membesar,” jelas Mossa.

Meski warga sempat berupaya memadamkan dengan peralatan seadanya, namun api kebakaran justru semakin membesar dan merembet ke pohon yang ada tepat disamping warung. Alhasil, kobaran api setinggi lebih dari 5 meter tersebut menyambar kabel PLN dan kabel jaringan telphone.

”Kabel listrik yang terbakar menyebabkan listrik dari lokasi kejadian ke arah Dinoyo padam. Tapi kalau dari lokasi kejadian ke arah Veteran dan Si Gura-gura masih nyala,” terang Mossa.

Sekitar 30 menit setelah insiden kebakaran terjadi, 2 unit mobil pemadam dari PMK Kota Malang yang dikerahkan tiba di lokasi kejadian. ”Tidak ada korban jiwa, api bisa dipadamkan sekitar 15 menitan. Saat kejadian cuaca sedang gerimis, jadi saat petugas pemadam datang api sudah mulai padam,” ujar Mossa.